KEMENANGAN DAN KEMATIAN DARI GUNUNG K2 DI MUSIM DINGIN 2020/2021

Gunung K2 yang merupakan gunung tertinggi ke-2 di dunia dan merupakan satu-satunya gunung 8.000 meter yang belum tersentuh puncaknya pada musim dingin sepanjang sejarah umat manusia, akhirnya berhasil dicapai kemarin. 10 sherpa terbaik dari Nepal membuat sejarah baru di atas puncak K2, dan mereka melakukannya dengan cara yang sangat luar biasa.

Tragisnya bersamaan dengan keberhasilan para pendaki gunung Nepal mencapai puncak K2 sebagai winter first ascent, Sergio Mingote dari Spanyol juga tewas karena terjatuh di gunung yang sama. Sebelumnya Sergio telah mencapi Camp 3, namun memutuskan untuk kembali ke base camp terlebih dahulu dan menunggu cuaca lebih baik.

Source: You Tube

Kisah lengkap tentang pencapaian tim Nepal dalam pendakian musim dingin pertama di K2 dapat dibaca  dengan lengkap dalam tulisan di website Akasaka Outdoor Indonesia berikut ini.

Puncak Gunung K2 Sebagai Tahta Terakhir Puncak Musim Dingin Gunung Delapan Ribu Meter

Source: The Himalayan Times

Barisan gunung-gunung tertinggi di dunia yang paling prestisius sebagai tujuan mountaineering jumlahnya ada 14. Oleh karena itu, gunung-gunung ini juga kadang lebih dikenal dengan istilah fourteen eight thousanders atau dalam istilah lain disebut juga sebagai Crown of Himalaya (Mahkota Himalaya). 14 gunung ini semuanya berada di dua medan pegunungan paling spektakuler di dunia yakni; Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Karakoram.

Empat belas gunung tertinggi di dunia yang ada wilayah Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Karakoram tersebut adalah sebagai berikut;

  1. Gunung Everest
  2. Gunung K2
  3. Gunung Kangchenjunga
  4. Gunung Lhotse
  5. Gunung Makalu
  6. Gunung Manaslu
  7. Gunung Cho Oyu
  8. Gunung Shishapangma
  9. Gunung Dhaulagiri
  10. Gunung Annapurna I
  11. Gunung Nanga Parbat
  12. Gunung Broad Peak
  13. Gunung Gasherbrum II
  14. Gunung Gasherbrum I atau Hidden Peak

Nah, dari 14 puncak gunung dengan ketinggian di atas 8.000 meter ini, hingga tanggal 15 Januari 2021 kemarin, hanya puncak gunung K2 yang sama sekali belum tersentuh di musim dingin. Sementara 13 puncak gunung delapan ribu meter lainnya, semuanya sudah berhasil dicapai puncaknya di musim dingin, yang pencapaian itu hampir mayoritas dilakukan oleh para pendaki gunung dari Polandia.

Oxygen Controversy – Exploreweb

Puncak Gunung K2 yang dianggap sebagai yang tersulit, sebagai yang paling teknis untuk ditaklukkan dan yang paling banyak memakan korban para pendaki gunung terbaik di dunia, masih bertahan sebagai satu-satunya raksasa delapan ribu meter yang tidak tersentuh di musim dingin. Sudah ada cukup banyak ekspedisi terbaik dunia yang mencobanya, namun belum ada yang berhasil sampai kedatangan para pendaki terbaik Nepal pada tanggal 16 Januari 2021 kemarin.

Kemarin, 16 Januari 2021, sekitar jam 17:00 atau jam 05 sore waktu K2, kebuntuan puncak musim K2 dingin berhasil diakhiri. Orang-orang yang berhasil mencapai puncak gunung tersulit di dunia ini adalah para kstaria gunung yang sesungguhnya. Sherpa dari Nepal adalah para petarung gunung yang sebenarnya, mereka adalah orang-orang yang selama dikenal bekerja keras dan bertaruh nyawa untuk kesuksesan dan nama besar para pendaki lain.

Namun tahun ini di K2, di puncak gunung tertinggi di dunia yang kedua, para Sherpa membuat sejarah untuk mereka sendiri, untuk negara mereka, dan untuk manusia-manusia yang selama ini seakan bekerja dalam bayang-bayang kesuksesan orang lain. K2 winter first ascent kemarin akan membuat sejarah baru sekaligus mengubah beberapa cara pandang tentang aktivitas mountaineering yang selama ini mendominasi banyak pemikiran manusia.

BACA JUGA:

Daftar 10 Sherpa atau Pendaki Gunung Nepal yang Membuat Sejarah Winter First Ascent di K2

Nirmal Purja, pendaki gunung yang menjadi tokoh kunci kesuksesan K2 Winter First Ascent – Asia Times

Selain berhasil membuat sejarah sebagai pendakian pertama di puncak K2 pada musim dingin, para pendaki gunung Nepal atau yang biasa disebut dengan Sherpa ini juga melakukan pemuncakan dengan cara yang sangat luar biasa. Mereka secara sangat kompak dan dipenuhi semangat persaudaraan yang tinggi, memutuskan untuk saling menunggu pada 10 meter menjelang puncak tertinggi gunung K2.

Keputusan ini menjadi sebuah pembeda dalam mountaineering tentang apa yang disebut dengan ‘ego pemuncakan’. Dengan 10 orang melangkah bersama menuju bagian terakhir dari puncak gunung musim dinginnya belum terjamah, maka dunia tidak perlu diributkan dengan perdebatan siapa yang mencapai puncak itu pertamakalinya.

Pada sudut pandang yang lebih luas, keputusan ini juga membuat penghargaan atas keberhasilan K2 winter first ascent tidak lagi berkutat pada dunia individual, namun pada sebuah nilai kebersamaan dan nasionalisme dari putera-putera terbaik bangsa Nepal.

Sepuluh pendaki Nepal yang kemarin berhasil mencapai puncak K2 sebagai winter first ascent adalah sebagai berikut;

  1. Nirmal Purja atau Nimsdai
  2. Gelje Sherpa
  3. Mingma David Sherpa
  4. Mingma G
  5. Sona Sherpa
  6. Mingma Tenzi Sherpa
  7. Pem Chirri Sherpa
  8. Dawa Temba Sherpa
  9. Kili Pemba Sherpa
  10. Dawa Tenjing Sherpa
Enam dari 10 pendaki Nepal yang mencapai puncak K2 sebagai yang pertama pada musim dingin berasal dari tim Nimsdai, tak bisa dielakkan, ketokokah Nimsdai memberi pengaruh yang sangat kuat pada ekspedisi ini – You Tube

Kabar terakhir mengatakan bahwa 10 pendaki gunung Nepal ini telah berhasil turun ke Camp 4 kemudian Camp 3, 8 orang bermalam di sana, sementara Sona Sherpa dan Gelje Sherpa melanjutkan perjalanan turun hingga ke base camp.

Luar biasa!

Selamat untuk para pendaki Nepal! Selamat untuk para sherpa!

Dengan segala determinasi dan dedikasi yang mereka miliki, mereka memang layak mendapatkan hal ini.

DOWNLOAD SEJARAH LENGKAP PENDAKIAN GUNUNG DALAM BUKU MAHKOTA HIMALAYA DISINI

Kematian Sergio Mingote dalam Ekspedisi Musim Dingin di K2 Tahun 2020/2021

Sergio Mingote – Revista Oxygeno

Selain keberhasilan para sherpa membuat winter first ascent di K2 yang sangat luar biasa, hari yang sama justru menjadi kelabu bagi dunia mountaineering Spanyol. Sergio Mingote, salah satu pendaki besar dari negeri Catalan, kemarin dihantam rockfall dan terjatuh, kemudian tewas di kaki gunung K2.

Kehilangan Sergio Mingote benar-benar kesedihan yang mendalam bagi insan mountaineering. Ia adalah salah satu pendaki gunung yang sangat berprestasi, punya banyak sifat baik dan dikenal dengan jiwa yang rendah hati. Sergio juga ikut berpartisipasi dalam ekspedisi musim dingin di K2 tahun ini bersama dengan Tamara Lunger (pendaki Italia), Alex Gavan dan dua orang pendaki gunung Polandia.

Kabar lain dari K2 tentu saja tentang pendaki gunung Pakistan dan anaknya: Hasan Sadpara dan Ali Sadpara, yang info terakhir ada di Camp 2 bersama dengan John Snorri. Jika tidak ada kendala, mereka mungkin saja akan berpeluang untuk menambah pemuncakan di musim dingin K2 tahun ini sebagai K2 winter second ascent.

Kita tunggu saja  berita selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: